TAHU BAKSO DAGING SAPI

Tahu bakso adalah tahu isi bakso daging makanan yang banyak ditemukan di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, meski asal usul makanan itu memang belum diketahui secara pasti, namun banyak yang beranggapan bahwa tahu bakso dibawa oleh pedagang dari Tionghoa China.
Jadi Selain terkenal dengan lumpianya yang khas, Kota Semarang juga terkenal dengan tahu baksonya. Tahu bakso adalah makanan khas Semarang berupa tahu yang didalamnya berisi campuran antara tepung dan daging sapi yang dibentuk memanjang atau segitiga. Namun sekarang, ada pula produsen tahu bakso yang menggunakan bahan isian tanpa daging sapi, seperti pakai makanan seafood ikan, ikan tuna, pakai udang, kepiting, ayam ataupun dicampur (mix).
Puluhan sentra industri dan penjualan tahu bakso terdapat di Kabupaten Semarang, antara lain Tahu Bakso Woning di Jalan Kakap Raya, Sebantengan, Ungaran Barat dan Tahu Bakso Bu Yatmi di Jalan Kepodang III/15 A Ungaran Timur dan Bu Pudji.
Tahu bakso Ungaran biasanya berbentuk persegi panjang, namun tak jarang yang berbentuk segitiga dengan bahan dasar tahu yang diisi daging giling, seperti halnya proses pembuatan bakso. Tahu bakso sangat nikmat disajikan dalam bentuk goreng maupun direbus dengan kuah daging.
Ternyata masih banyak yang tidak tahu kalau tahu bakso khas ungaran atau semarang ini beda cara makan dan penyajiannya dengan bakso tahu yang umumnya di Bandung, banyak yang mengira disajikan dengan kuah. Bakso tahu Bandung biasanya terdiri dari bakso tahu siomay kukus dan bakso tahu goreng disingkat Batagor cara penyajiannya bisa dengan kuah saos kacang dan perkembangannya ada juga dengan kuah bakso. Bakso tahu Bandung biasanya menggunakan bahan campuran ikan untuk isian baksonya.
Bentuk mirip hanya saja kalau tahu bakso khas Semarang adalah tahu yang diisi bakso dengan kompsisi 70% daging bakso, daging bakso dimasukkan ke dalam tahu, cara penyajiannya digoreng atau dikukus dan dimakan dengan cabe rawit seperti gorengan. Sedangkan bakso tahu yang banyak di Bandung, tahunya kecil dan diisi daging bakso sedikit saja dan pengajiannya seperti bakso pada umumnya dengan kuah.
RESEP TAHU BAKSO :
BAHAN :
  • 50 buah tahu kopong/tahu jawa
  • 500 gram daging sapi giling
  • 200 gram daging ayam giling
  • 250 gram tepung kanji/tapioka
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 3 sdm bawang putih goreng
  • 4 siung bawang putih, diulek halus
  • 2 batang daun bawang,diiris halus
  • Garam, penyedap rasa secukupnya
  • 1 sdm merica bubuk
  • 2 buah telur

BAHAN PELENGKAP :

  • Cabai rawit ijo/saos sambal sesuai selera

CARA MEMASAK TAHU BAKSO :

  1. Tumbuk bawang merah dan bawang putih goreng hingga halus.
  2. Campurkan daging sapi, daging ayam, tepung kanji, telur, bawang merah dan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, bawang putih yg sudah diulek, daun bawang, merica, garam dan penyedap rasa aduk sampai tercampur rata.
  3. Belah tengah tahu kopongnya kemudian isi dengan adonan baso dengan ujung pegangan sendok biar lebih mudah hingga terisi penuh,lakukan hingga adonann habis
  4. Tata tahu baso kedalam kukusan yg sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu hinga habis. Kukus kira kira 30 menit hingga matang.Angkat dan sajikan selagi panas bersama cabai rawit/saos sambal.
  5. Selamat mencoba.

Nah, itu dia cara membuat tahu bakso daging sapi dari sumber:carabuatresep. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Untuk hidangan pelengkap tahu bakso bisa ditambahkan bakso MitFood dengan kuah daging/kuah bakso ditambah aneka sayuran lainnya seperti caisim, seledri, dan taoge, agar sajian tahu bakso terasa berbeda. Bakso Mitfood bakso daging sapi berkualitas baik, bertekstur kenyal dan halus sangat cocok digunakan untuk berbagai hidangan masakan.

Produk kami ‘ MitFood

mitfood 3

WhatsApp Image 2017-07-27 at 15.18.37

Bakso C

Nah tunggu apalagi ? Yukk order… untuk pemesanan bisa hubungi kami :

Phone           : 0811178 631
Telpon          : (021)5850528

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>