Category Archives: Artikel

Kenali Bakso Haram

Ada cara praktis namun aman yang bisa dilakukan dalam memilih bakso.

  1. Kenali ciri-ciri fisiknya
    Ciri-ciri bakso yang thoyyib antara lain terlihat dari bentuknya yang bulat, halus, berukuran seragam, bersih, cemerlang, tidak kusam, sedikitpun tidak nampak berjamur dan tidak berlendir.
  2. Perhatikan warnanya
    Bakso yang baik biasanya berwarna Coklat muda cerah atau sedikit kemerahan atau coklat muda agak keputihan atau abu-abu. Warna tersebut merata tanpa warna lainnya yang menggangu.
  3. Kenali Aromanya
    Bau bau khas daging segar rebus domain, tanpa bau tengik, masam, basi, busuk, atau bau pengawet (khususnya formalin).
  4. Perhatikan logo halalnya
    Selain melihat ada tidaknya logo halal, untuk bakso dalam kemasan harus pula diperhatikan tanggal produksi dan batas kadaluarsanya.

Sumber: Jurnal Halal LPPOM MUI

Produk kami “Bakso Mitfood

Jual Bakso Sapi

jual bakso sapi

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik

Untuk Order, Silahkan Klik

 

Link Terkait:

http://jualbaksosapi.com

http://distributorbaksosapi.com

http://jualbaksosapi.wordpress.com

http://supplierbakso.blogspot.com

http://distributorbaksosapi.wordpress.com

http://distributorbaksosapi.blogspot.com/

http://agenbaksomitfood.wordpress.com/

http://agenbaksomitfood.blogspot.com/

Jenis-Jenis Bakso

Jenis-Jenis Bakso

Bakso, kalo kata tante Wiki adalah bola daging yang merupakan kuliner populer di Indonesia.. Beberapa waktu yang lalu bakso pernah tersandung kasus boraks sehingga banyak juga masyarakat yang takut untuk mengkonsumsinya.. Tapi diluar itu, bakso tetep beken n sekarang ini banyak banget macemnya.. Langsung aja deh agan2 cekidot macam2 bakso ini..
1. Bakso Sapi:
Jual Bakso Sapi
jual bakso sapi
agan2 sekalian udah sering kali ya makan yang ini..
2. Bakso Ayam:
bentuknya lebih berantakan dari baso sapi tapi rasanya enak koq..
3. Bakso Ikan:
warnanya putih n kenyal2 gimanaa gituu..
4. Bakso Tahu:
di dalam tahu ada baso = bakso tahuu..
5. Bakso Goreng:
yang ini baksonya digoreng.. renyaahh.. hmm…
6. Bakso Bakar:
dibakar juga bisa lho.. Unik yaa..
7. Bakso Kotak:
bentuk bakso ga cuma bulet aja.. ada juga yang kotak..
8. Bakso Gepeng:
ada lagi niih.. gepeng!
9. Bakso Sarang Burung:
baso yang ini khas dari malang.. rasanya maknyuuss..
10. Bakso Keju:
baso isinya keju.. Klo kejunya meleleh, lezat sekalii..
11. Bakso Tomat:
kalo yang ini, seger banget nih.. Baksonya ada di dalam tomat..
12. Bakso Raksasa/Setan:
gede banget ya?! sesuai namanya.. hehe..
13. Bakso Urat: 
14. Bakso Telor:
bakso telor

Ciri-ciri Bakso Berformalin

Ciri ciri bakso yang ber formalin

Disini akan menulis sedikit pengetahuan penulis tentang bakso yang tidak mengandung formalin:

  1. Bakso kelihatan lembek
  2. Bila dibairkan diluar semalam akan basi
  3. Tidak tahan lama

ciri bakso yang berformalin

  1. Bakso kelihatan keras
  2. Tahan lama
  3. Tidak mudah basi

Sumber: situseguru.wordpress.com

Produk kami “Bakso Mitfood” Tanpa Formalin dan sejenisnya.

Bakso Sapijual bakso sapi

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik

Untuk Order, Silahkan Klik

 

Link Terkait:

http://jualbaksosapi.com

http://distributorbaksosapi.com

http://jualbaksosapi.wordpress.com

http://supplierbakso.blogspot.com

http://distributorbaksosapi.wordpress.com

http://distributorbaksosapi.blogspot.com/

http://agenbaksomitfood.wordpress.com/

http://agenbaksomitfood.blogspot.com/

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Indonesia, kita mengenal bakso sapi yang dicampur tepung tapioka, umumnya disajikan dengan kuah panas dan mie kuning. Namun negara-negara lain pun punya hidangan bakso alias bola-bola daging khas mereka sendiri. Seperti apa sajakah bakso khas di berbagai negara di dunia? Penasaran, simak beberapa contohnya berikut ini.

1. Bakso Italia

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Italia, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Salah satu bakso yang paling dikenal di dunia mungkin adalah Italian meatballs alias bakso Italia, biasa ditemukan dalam spaghetti. Dibumbui dengan olive oil, oregano, keju parmesan, garam, merica, bawang, dan peterseli, bakso Italia “meleleh” di mulut dengan penuh cita rasa. Sebenarnya di Italia sendiri bakso jarang sekali disajikan dengan spaghetti, melainkan dengan saus berbahan dasar tomat.

2. Bakso India

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso India, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Masakan di India sangat bervariasi dari daerah ke daerah, umumnya terkait penggunaan rempah-rempah dan kari. Bakso khas India cenderung menggunakan rempah-rempah secara seimbang, antara bawang putih, bawang bombai, jahe, bawang, cabai, bubuk kari, dan garam masala serta ketumbar sehingga warnanya segar.

3. Bakso Indonesia

Jual Bakso Sapi
Bakso Indonesia, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Indonesia, bakso biasanya terbuat dari daging sapi, dicampur tepung tapioka hingga teksturnya menjadi kenyal seperti bola. Disebut-sebut sebagai salah satu makanan favorit Presiden Obama, bakso biasanya disajikan dengan mi dan sayuran dalam kuah kaldu. Kecap dan saus sambal jadi pelengkap yang tak boleh ketinggalan.

4. Bakso Meksiko

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Meksiko, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Bakso Meksiko atau yang juga disebut “Albóndigas” biasanya disajikan dengan kuah tomat, bersama nasi, kentang, dan sayur-sayuran. Bahkan biasanya dalam adonan baksonya sendiri sudah ada nasi beserta bawang dan lada hitam ‘black pepper’.

5. Bakso Albania

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Albania, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Albania banyak menggunakan kambing dan domba di dalam masakannya. Bakso khas Albania yang bernama “Qofte” biasanya terbuat dari kambing atau campuran kambing dan sapi, dibumbui dengan daun mint, bawang, bawang putih, kayu manis, remah-remah roti dan keju feta untuk menambahkan rasa creamy. Kemudian dilumuri tepung dan digoreng garing hingga bagian luarnya berwarna cokelat keemasan.

6. Bakso Swedia

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Swedia, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Biasanya kecil-kecil dan digoreng dengan banyak mentega, bakso Swedia alias Swedish Meatball ini jadi favorit banyak orang di negara-negara lainnya. Bakso Swedia biasanya disajikan dengan saus yang terbuat dari dil dan kaldu ayam atau sapi. Adonan baksonya sendiri mengandung biji pala, jahe, dan cengkeh, kemudian disajikan dengan mashed potato dan saus lingonberry.

7. Bakso Amerika Serikat

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Amerika Serikat, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Amerika Serikat, bakso biasanya disajikan dengan saus sambal atau kecap asin, ditambah merica. Orang Amerika lebih suka menyantap hidangan cepat juga kadang minim bumbu. Seperti halnya bakso ini, rasanya cenderung manis-asam dan bisa dibekukan. Sementara sausnya pun hanya merupakan campuran anggur jelly dan saus cabai, kadang ditambahkan kecap dan cayenne pepper.

8. Bakso Cina

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Cina, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Uniknya, bakso khas Cina biasanya digoreng hingga kecokelatan dulu sebelum direbus dalam kuah beraroma jahe. Bisa disajikan bersama mie, dengan kol rebus, atau cukup dengan kecap asin. Seperti biasa, menyantap bakso khas Cina lebih pas jika sembari menyeruput teh hijau.

9. Bakso Vietnam

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Vietnam, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Bakso Vietnam yang mengandung saus pedas Sriracha dan nuoc mam (saus ikan) memang terlihat berbeda dengan bakso-bakso lainnya. Ia disajikan bukan dengan mie atau nasi, melainkan dengan bánh mi, sandwich ala Vietnam yang menggunakan roti baguette, dibumbui dengan spicy mayo, acar lobak, wortel, cilantro, dan cabai.

10. Bakso Uruguay

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Uruguay, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Berbeda di Uruguay, sebab Anda akan menemukan banyak unsur bakso dari negara lain, seperti penggunaan keju parmesan tomat dan bawang (ala Italia) serta penambahan pala (seperti halnya di Swedia dan Belanda). Kismis biasanya turut ditambahkan untuk resep bakso berbasis daging sapi, yang disajikan dengan kaldu daging sapi pedas yang dibumbui merica, oregano, bawang, dan thyme.

11. Bakso Belanda

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Belanda, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Belanda, bakso biasanya terbuat dari daging babi. Bentuknya mirip bitterballen. Bakso yang terbuat dari daging babi ini dicincang dan dicampur saus krim, kemudian dibentuk bulat. Setelah itu dilapisi tepung roti, dan digoreng hingga garing bagian luarnya dan lembut bagian dalamnya.

Sumber: pospopulers.blogspot.com

Produk kami “Bakso Mitfood

Jual Bakso Sapi

jual bakso sapi

 

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik
Untuk Order, Silahkan Klik
Link Terkait:

Asal Mula Kata Bakso

    Bakso adalah makanan yang banyak dijual di seluruh pelosok Indonesia. Mulai dari warung tenda pinggir jalan hingga restoran. Bentuk dan rasanya pun beraneka ragam untuk memenuhi selera konsumen. Makanan ini lebih nikmat disantap dalam keadaan panas saat cuaca sedang dingin.

Meskipun banyak orang Indonesia yang menyukai bakso, ternyata panganan ini berasal dari cina. Kuliner yang lezat ini adalah hasil seni kuliner tionghoa pada abag ke 17. Kata bakso pun ternyata merupakan dua suka kata yang terpisah. Dalam bahasa hokian, bak artinya babi sedangkan so artinya makanan. Jadi, arti kata bakso adalah olahan makanan dari daging babi.
Ada sebuah cerita tentang asal mula bakso ini. Pada zaman dahulu, ada seorang anak yang prihatin ibunya tidak dapat makan daging. Sang anak mencoba mencari cara agar ibunya tersebut bisa makan daging tanpa kerepotan. Akhirnya sang anak mendapat ide untuk menggiling daging dan membentuknya bulat-bulat. Ternyata siasat ini berhasil. Karena kemudahan dalam memakan, bakso dengan cepat digemari orang dan menjadi popular.
Pada awalnya, bakso memang menggunakan bahan dasar daging babi. Tapi karena penduduk di Indonesia mayoritas beragama islam, daging bagi kemudian diganti dengan daging sapi, ayam, atau ikan. Selain kata bakso, kita juga sering menjumpai orang yang berjualan olahan mirip bakso tapi dengan nama bakwan. Ternyata, di Surabaya, olahan daging berbentuk bundar ini disebut bakwan. Bak artinya daging, sedangkan wan artinya bundar, jadi bakwan artinya daging bundar.

Sumber: tahunggasih.blogspot.com

Produk Kami “Bakso Mitfood

Jual Bakso Sapi

jual bakso sapi

 

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik
Untuk Order, Silahkan Klik
Link Terkait:

 

Asal Mula Kata Bakso

Bakso adalah makanan yang banyak dijual di seluruh pelosok Indonesia. Mulai dari warung tenda pinggir jalan hingga restoran. Bentuk dan rasanya pun beraneka ragam untuk memenuhi selera konsumen. Makanan ini lebih nikmat disantap dalam keadaan panas saat cuaca sedang dingin.

Meskipun banyak orang Indonesia yang menyukai bakso, ternyata panganan ini berasal dari cina. Kuliner yang lezat ini adalah hasil seni kuliner tionghoa pada abag ke 17. Kata bakso pun ternyata merupakan dua suka kata yang terpisah. Dalam bahasa hokian, bak artinya babi sedangkan so artinya makanan. Jadi, arti kata bakso adalah olahan makanan dari daging babi.
Ada sebuah cerita tentang asal mula bakso ini. Pada zaman dahulu, ada seorang anak yang prihatin ibunya tidak dapat makan daging. Sang anak mencoba mencari cara agar ibunya tersebut bisa makan daging tanpa kerepotan. Akhirnya sang anak mendapat ide untuk menggiling daging dan membentuknya bulat-bulat. Ternyata siasat ini berhasil. Karena kemudahan dalam memakan, bakso dengan cepat digemari orang dan menjadi popular.
Pada awalnya, bakso memang menggunakan bahan dasar daging babi. Tapi karena penduduk di Indonesia mayoritas beragama islam, daging bagi kemudian diganti dengan daging sapi, ayam, atau ikan. Selain kata bakso, kita juga sering menjumpai orang yang berjualan olahan mirip bakso tapi dengan nama bakwan. Ternyata, di Surabaya, olahan daging berbentuk bundar ini disebut bakwan. Bak artinya daging, sedangkan wan artinya bundar, jadi bakwan artinya daging bundar.

Sumber: tahunggasih.blogspot.com

Produk Kami “Bakso Mitfood

Jual Bakso Sapi

jual bakso sapi

 

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik
Untuk Order, Silahkan Klik
Link Terkait:

Sejarah Bakso di Indonesia

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging babi giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Seiring berkembangnya waktu, istilah bakso menjadi lebih dikenal dengan ‘daging giling’ saja. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang.

Macam-macam Jenis Bakso
Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih
Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
Bakso udang: bakso berbahan dari udang
Bakso Malang: hidangan bakso dari kota Malang , Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng
Bakso keju: bakso resep baru berisi keju
Bakso Bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.

Sumber:   4you-shared.blogspot.com

Produk kami “Bakso Mitfood

Bakso Sapi

jual bakso sapi

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik
Untuk Order, Silahkan Klik
Link Terkait: